Polres Rote Ndao Berhasil Amankan Senjata Api Rakitan dan Minuman Keras Tradisional

Jumat, 6 Oktober 2023
Polres Rote Ndao Amankan Ratusan liter Minuman keras Dan Senjata Api Rakitan

http://Jejakhukumnusantara.com, Rote -Operasi Pekat Turangga 2023 yang digelar oleh Polres Rote Ndao selama 15 hari, mulai tanggal 20 September hingga 4 Oktober 2023, telah menghasilkan pencapaian yang signifikan. Polres Rote Ndao berhasil mengamankan ratusan liter minuman keras tradisional jenis sopi beserta alat penyulingnya, serta senjata api rakitan (senpira) laras panjang.

Hal ini diungkapkan Kapolres Rote Ndao, AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P kepada awak media saat konferensi pers terkait hasil operasi Pekat Turangga 2023 yang digelar di Mapolres Rote Ndao, Kamis (5/10/2023).

Ia menjelaskan bahwa, keenam senjata api rakitan tersebut diserahkan secara sukarela oleh pemiliknya kepada petugas kepolisian. Ini merupakan hasil dari sosialisasi dan himbauan yang intensif dilakukan oleh anggota kepolisian kepada masyarakat.

“Walaupun senjata api rakitan ini dalam kondisi tidak digunakan dalam waktu yang lama, namun tetap berpotensi mematikan. Warga dengan sukarela menyerahkan senjata-senjata ini tanpa paksaan, berkat sosialisasi yang kami lakukan oleh anggota kepolisian dan Bhabinkamtibmas kepada masyarakat,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan bahwa keenam senpira tersebut diserahkan di berbagai wilayah, yaitu Polsek Rote Barat (1 pucuk), Polsek Lobalain (2 pucuk), Polsek Rote Barat Laut (1 pucuk), Polsek Rote Barat Daya (1 pucuk), dan Polsek Rote Tengah (1 pucuk).

Selain senjata api rakitan, operasi ini juga berhasil mengamankan 160 liter minuman keras tradisional jenis Sopi yang disimpan dalam 32 jerigen, 6 drum, dan 17 pipa penyulingan yang digunakan untuk memasak Sopi. Seluruh barang bukti ini juga disita bersama dengan makanan kadaluarsa.

Kapolres mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pesta demokrasi yang akan segera digelar. Dalam kaitannya dengan pemilu serentak, Kapolres menekankan pentingnya dukungan dan kerjasama masyarakat bersama stakeholder lainnya untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses demokrasi.

Kepolisian juga menghimbau kepada masyarakat yang masih memiliki, menyimpan, atau mengetahui adanya senjata api rakitan agar segera melaporkan atau menyerahkan kepada pihak kepolisian. Penyerahan secara sukarela tidak akan diproses hukum, namun jika ditemukan tanpa melapor, akan diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku. (*)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

banner-iklan

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

banner-iklan

Berita Terpopuler