MERRY LANGOY SIAP MAJU SUBANG SATU

Selasa, 1 Agustus 2023

IBU MERRY LANGOY
IBU MERRY LANGOY

Tokoh Masyarakat Kabupaten Subang Yang Mewakili Kaum Perempuan Ibu Merry Langoy Siap Maju Sebagai Calon Bupati Kabupaten Subang, Di Sela – Sela Acara Pelantikan Pengurus Prawiro Indonesia Garuda Merah Putih Kabupaten Subang Sabtu 29 Juli 2023 Bunda Merry Sapaan Akrab Beliau, menyatakan dengan tegas bahwah beliau siap maju untuk mengabdi kepada masyatakat.

Pecinta Seni Dan Budaya ini sangat dekat dengan masyarakat, Bunda Merry juga membina UMKM Batik lukis asli Subang dan UMKM Lainnya. Sebagai pengusaha pariwisata dan juga Notaris PPAT Bunda Merry sering bersentuhan langsung dengan masyarakat Kab. Subang, dalam perbincangan ringan dengan Pimpinan Perusahan/Pimpinan Redaksi Jejak Hukum Nusantara HMS Samuel Lee Terok Lahengko.,SH.,S.Th banyak program Sosial yang di rencanakan oleh bunda merry yang akan di lakukan nanti untuk dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat Di wilayah nya.

“Banyak program yang akan kami lakukan kedepan, saya dan suami (mas Abi) akan melihat langsung ke bawah apa saja yang di perlukan masyarakat, bagi saya (bunda merry) bertatap muka langsumg adalah hal yang paling baik Bagi Saya dan Mas Abi (suami,red), jadi kami bisa mendengar apa yang masyarakat perlukan dan apa yang harus kami lakukan untuk membantu masyarakat secara lamgsung.” Terangnya.

Selanjut nya Bunda Merry menambahkan “kami berdua selalu turun untuk melihat keadaan masyarakat, karena bersentuhan langsung atau bersilahturahmi langsung bisa membangun rasa persaudaraan di antara kami dan masyarakat itu sendiri.” Jelas nya.

Saat Jejak Hukum Nusantara Bertanya apakah Bunda merry Tidak Kwatir dengan konsekuwensi politik nanti ketika bunda maju sebagai Bakal Calon Bupati Kabupaten Subang? Bunda merry dengan tegas menyatakan sangat siap! “Saya sangat siap untuk itu! Karena bagi saya saya harus bisa maju untuk membantu masyarakat Kabupaten Subang, banyak hal yang harus di lakukan untuk mengangkat Ekonomi masyarakat Kabupaten Subang, kita harus bisa memanfaatkan semua sektor yang dapat menghadirkan usaha buat masyarakat, saya punya program kerja yang saya namakan GERBANG GATTRA Atau GERAKAN MEMBANGUN KELUARGA  SEJAHTERAH, Apa itu gerbang gattra? Itu adalah konsep saya untuk membangun kabupaten subang mulai dari keluarga, kalau setiap keluarga memiliki tingkat kesejahteran yang baik maka program pemerintah dalam pembangunan akan sangat mudah di capai.” Terang nya.

Gerakan membangun dari kekuarga sejahterah akan menjadi Pilot project kedepan. Saya sudah membentuk tim kerja yang nanti nya akan menyusun program tersebut dan ini akan kami sampaikan kepada masyarakat sebagai rencana jangka panjang kami dan ini merupakan kontrak politik kami dengan masyarakat.” Tegas bunda merry.

“Apakah ada dukungan yang di dapat dari partai politik saat inu buat bunda? Tanya Pimpinan JHN Kepada Bunda merry. “Saya tidak berpikir atau meminta dukungan partai politik saat ini, saya maju dari jalur independen saat ini, kalau pun nanti ada dukungan dari partai politik, ya silahkan, saya tidak menutup diri dari hal itu, namun untuk saat ini saya berjalan dengan dukungan masyarakat, dan tokoh2 masyarakat yang ada dulu.” Tegas nya.

Mas abi suami dari bunda merry juga menambahkan, “Saya sangat mendukung bunda merry untuk maju sebagai Bacalon Bupati Subang, kita harus berani tampil dan tidak usah kwatir dengan panas nya politik saat ini, yah namanya juga perjuangan kalau sudah takut duluan bukan pejuang namanya.” Tegas mas abi.

Pimpinan JHN mengapresiasi atas semangat dan komitmen yang di sampaikan bunda merry dan mas abi (suami bunda merry.red).

“Saya melihat sebuah harapan baik untuk masyarakat subang dari Pilot Project yang di sampaikan bunda merry kepada saya, dan ini luar biasa,” tegas nya.

“Kalau ini bisa di lakukan maka subang akan menjadi daerah yang maju dan masyarakat nya akan sejahterah.” Tambah nya.

Perlu di ketahui Tentang Kabupaten Subang.

LUAS WILAYAH

Luas Wilayah Kabupaten Subang 500 Ha terbagi menjadi 30 kecamatan dengan 252 desa dan kelurahan. Secara geografis, Kabupaten Subang terletak di bagian utara Provinsi Jawa barat dengan batas koordinat yaitu antara 107°31′ – 107°54′ Bujur Timur dan 6°11′ – 9°49′ Lintang selatan, dengan batas batas administratif :

Utara : Laut Jawa

Selatan : Kabupaten bandung

Barat : Kabupaten Purwakarta dan Karawang

Timur : Kabupaten Indramayu dan Sumedang

KECAMATAN

Kabupaten Subang mememiliki 30 Kecamatan.

DESA & KELURAHAN

Kabupaten Subang mememiliki 252 desa &kelurahan.

PENDUDUK

Subang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu padat, berdasarkan data pada tahu $datatahun penduduk Kabupaten subang berjumlah 95 jiwa, dengan rincian 45 laki-laki dan 50 perempuan.

TOPOGRAFI

Iklim : tropis

curah hujan rata-rata/tahun : 2.177 mm

jumlah hari hujan : 90 hari

Jumlah rata-rata bulan kering : 4 bulan

Suhu : rata-rata 27° C, tertinggi 33° C, terendah 21° C

Kelembaban udara : 72% – 91%

Ketinggian kabupaten Subang antara 0 – 1.500 meter di atas permukaan laut, dan terbagi kedalam 3 zona/klasifikasi daerah :

1. Zona Pegunungan (500 – 1500 dpl) dengan luas 41.035,09 Ha atau 20% dari luas Kabupaten Subang

Tumbuh bermacam flora dan fauna, pariwisata alam, potensi kandungan aneka tambang, mata air yang melimpah, potensi perikanan darat.

2. Zona Pedataran (50 – 500 dpl) dengan luas 71.502,16 Ha atau 34,85% dari luas Kabupaten Subang

Mendukung pengolahan area pertanian baik perkebunan maupun pertanian tanaman pangan. Dengan lahan pada zona pedataran yang luas menjadikan Kabupaten Subang salah satu lambung padi nasional.

3. Zona Pantai/Pesisir Laut (0 – 50 dpl) dengan luas 92.639,7 Ha atau 45,15% dari luas Kabupaten Subang

Sumber potensi perikanan tambak maupun perikanan laut, potensi budidaya rumpu laut, pengembangan pariwisata, transportasi laut dan lainnya.

Kabupaten Subang Memiliki areal lahan sawah terluas ke-tiga di Jawa Barat setelah Indramayu dan Karawang sekaligus pula merupakan penyumbang padi terbesar ke-tiga di Jawa Barat. Luas lahan sawah di Kabupaten Subang tahun 2013 seluas 84.928 hektar (41,39% luas wilayah Kabupaten Subang). Sebagian besar (89,999%) lahan sawah di Kabupaten Subang menggunakan pengairan irigasi dan 10,001% berpengairan tadah hujan. Kualitas pengairan sangat berperan besar pada peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten Subang.

Luas Lahan : 84928 Ha

HORTIKULTUR

Kabupaten Subang Memiliki areal lahan sawah terluas ke-tiga di Jawa Barat setelah Indramayu dan Karawang sekaligus pula merupakan penyumbang padi terbesar ke-tiga di Jawa Barat. Luas lahan sawah di Kabupaten Subang tahun 2013 seluas 84.928 hektar (41,39% luas wilayah Kabupaten Subang). Sebagian besar (89,999%) lahan sawah di Kabupaten Subang menggunakan pengairan irigasi dan 10,001% berpengairan tadah hujan. Kualitas pengairan sangat berperan besar pada peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten Subang.

Luas Lahan : 66 Ha

PERKEBUNAN

Kawasan kehutanan dan perkebunan Kabupaten Subang seluas 46.029,17 Ha atau 22,43% dari luas Kabupaten Subang. Kawasan Kehutanan dan Perkebunan meliputi hutan produksi (2.985,43 Ha), hutan produksi terbatas (11.391,92 Ha), hutan lindung (11,309,16 Ha), hutan konservasi (1.626,46 Ha), hutan rakyat (16.716,20 Ha). Komoditas strategis perkebunan kabupaten subang: Teh (Camellia sinesis), Kelapa (Cocos nucifera), cengkeh (Eugenia aromatica O.K), Kopi (Coffea sp.), Tebu (Sacharum officinarum), Karet (Havea braciliensis).

Luas Lahan : 555 Ha

PETERNAKAN

Kegiatan peternakan yang dilakukan masyarakat saat ini masih dianggap usaha sampingan dan belum dilakukan secara intensif. Namun di sisi lain potensi pengembangan peternakan memiliki prospek yang cukup baik hal ini didukung ketersediaan hijauan sebagai sumber pakan ternak serta permintaan terhadap produk peternakan sangat besar.

Populasi Ternak : 777

INVESTASI

Kabupaten Subang masih menjadi incaran para investor dalam dan luar negeri untuk mendirikan perusahaannya. Bahkan dalam dua tahun ini lonjakan investasi meningkat tajam. Pada tahun 2012 nilai investasi yang masuk ke Kabupaten Subang baru mencapai 400 milyar, sementara pada tahun 2013 melonjak menjadi Rp 1,3 triliun. Tahun 2014 ini nilai investasi diperirakan akan lebih tinggi lagi. (kotasubang.com, “diakses pada 12/04/2019”).

UKM

Berdasarkan data jumlah koperasi, anggota dan keadaan keuangan menurut tingkat koperasi di Kabuten Subang Tahun 2013 subang memiliki 976 koperas dengan jumlah anggota 41.668.

Jumlah UKM : 999

PARIWISATA

Kabupaten Subang dikaruniai potensi alam yang banyak dan beragam dengan potensi dan prospek yang masih terbuka untuk dikembangkan, mulai dari wisata bahari (alam), wisata budaya, dan potensi wisata lainnya. JHN, ENGKO

*SUMBER INFORMASI LAMAN RESMI KABUPATEN SUBANG PROVINSI JAWA BARAT.

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

banner-iklan

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

banner-iklan

Berita Terpopuler